Sebanyak 2 atlet dari SBDC (Seni Bela Diri Darunnajah Cipining) kembali bertanding di cabang olahraga pencak silat tingkat kabupaten Bogor dalam Porkab (Pekan Olahraga Remaja Kabupaten) ke-9 tahun 2012. Kedua atlet tersebut bernama Iqbal Maulana (ta

nding) dan Firmansyah (seni tunggal).

Dalam perhelatan yang dilaksanakan selama 4 hari tersebut (31 Oktober s.d. 3 November 2012), kedua atlet mewakili kecamatan Cigudeg. Adapun keseluruhan peserta dari Cigudeg berjumlah 8 atlet silat. Selama pertandingan, kegiatan dikonsentrasikan di gedung kesenian Pemda Bogor.

Di tahun 2012 ini, panitia menjunjung tema kegiatan yang berbunyi ‘Bela Diri Bela Negara, Aku Bangga Jadi Pesilat”. Dari motto ini, diharapkan pesilat memiliki kebanggaan diri. Apalagi pencak silat adalah budaya asli yang terlahir dari bumi Indonesia. Menjadi pesilat juga sebagai salah satu bentuk kegiatan bela negara.

Setelah 6 kali tanding, Iqbal Maulana berhasil masuk final. Namun dalam pertandingan final, Iqbal tidak mampu menampilkan performa terbaiknya karena salah satu pelipis matanya sobek. Alhasil, Iqbal harus puas mendapatkan medali perak.

Menurut panitia pelaksana, yaitu pengurus cabang IPSI kabupaten Bogor, Iqbal masih bisa mengikuti seleksi guna kejuaraan di tingkat Propinsi yaitu Porda mewakili Bogor. “InsyaAllah, untuk peraih emas dan perak akan kita ikutkan kembali pada seleksi atlet ke tingkat Porda yang akan dilaksanakan di Bandung tahun 2013”

Pembimbing SBDC, Ustadz Anwar Maulana mengatakan bahwa perolehan ini sungguh dramatis. Perjuangan Iqbal hingga lolos ke babak final patut diapresiasi. Meskipun dalam kondisi kurang fit, namun ia masuk melanjutkan pertandingan hingga selesai. Sementara itu, di cabang seni tunggal, Firmansyah harus berbesar hati untuk kegagalannya.

Ustadz Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung kegiatan ini. Terutama pihak kecamatan Cigudeg yang telah mempercayakan atlet SBDC turut berlaga di tingkat kabupaten ini. Kepada keluarga besar Darunnajah Cipining, pengajar penjaskes ini juga meminta maaf jika target yang diinginkan belum tercapai. (red)

Share: