Al-Madinah International University (disingkat jadi MEDIU) adalah universitas islam virtual pertama di dunia. Dicetuskan oleh para ulama di timur tengah, Syaikh. Prof. Dr. Muhammad Khalifah At-Tamimi memiliki gagasan untuk mengantarkan khazanah ilmiah warisan para nabi keseluruh penjuru dunia, agar semakin banyak orang yang dapat mempelajarinya.

Al Madinah International University (MEDIU) adalah institusi pendidikan Islam yang memanfaatkan teknologi e-learning dalam pembelajarannya. Mahasiswa MEDIU dapat belajar langsung dengan pengajar- pengajar di berbagai negara seperti Saudi Arabia, Mesir, Malaysia melalui koneksi internet.

Dengan sistem pembelajaran yang menggabungkan antara sistem kelas virtual dan sistem klasikal berupa tatap muka secara langsung dengan pengajar, diharapkan lulusan MEDIU ini akan memiliki kemampuan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan ummat akan thalibul ilmi yang akan memenuhi dunia ini dengan nuansa kesejukan dari syariat Allah subhanahu wata’ala.

Lulusan MEDIU akan mendapatkan gelar dan ijazah yang diakui oleh badan akreditasi nasional Malaysia (MQA).

Alamat MEDIU di Indonesia:

Pesantren Virtual Al Madinah Internasional
Jl. Kusumanegara No. 222, Muja-muju, Umbulharjo Yogyakarta 55165.
Tel: +62 274 376751. Fax: +62 274 375872. HP: 0852 2830 2205
Email: [email protected]

Situs Resmi MEDIU:

www.mediu.edu.my

Al Madinah International University menawarkan 4 jurusan ilmu Islam:

  1. Jurusan Ilmu Hadits
  2. Jurusan Fiqh-Ushul Fiqh
  3. Jurusan Ilmu Al Qur’an
  4. Jurusan Ilmu Dakwah-Ushuluddin

Daftar biaya pendidikan dapat di lihat di www.mediu.edu.my

PERTANYAAN-PERTANYAAN:

Dapatkah saya menjadi mahasiswa MEDIU sedangkan saya berada di luar Yogyakarta?

Al Madinah Interntional University pada penerimaan mahasiswa baru berikutnya hanya menerima mahasiswa yang akan belajar di MEDIU penuh waktu. Jadi, bagi mahasiswa yang berada di luar kota yang bersemangat menuntut ilmu di MEDIU dapat mencari tempat tinggal di daerah Yogyakarta. Kecuali bagi para ustadz atau guru pengajar agama islam, pertemuan tutorial tatap muka di Learning Centre Yogyakarta dapat dijadualkan di akhir pekan.

Apakah cara belajar di MEDIU sepenuhnya melalui internet?

Tidak, metode belajar di Al Madinah International University ada 2 macam. Yaitu kuliah klasikal yang di lakukan di kelas yang bertempat di Learning Centre MEDIU Yogyakarta. Kemudian ada kuliah online yang dilakukan melalui internet yang terdiri dari belajar melaui ALIM dan e-consultation, yaitu teleconrence langsung dengan ustadz di Malaysia, Mesir atau Saudi Arabia.

Benarkah cara belajar online di internet hanya membaca materi saja?

Tidak. Kuliah online di MEDIU menggunakan ALIM. ALIM adalah sistem informasi belajar online yang dilengkapi banyak fasilitas pembelajaran. Mahasiswa MEDIU dapat membaca materi kuliah, mengerjakan quiz, mengerjakan tugas, mengirim email, mendiskusikna pelajaran, konsultasi online, dll.

Apakah saya harus menguasai bahasa arab untuk dapat belajar di MEDIU?

Pelajaran yang disampaikan di MEDIU semua disampaikan dengan bahasa arab. Maka bagi mahasiswa yang belum menguasai bahasa arab akan kesulitan menerima pelajaran, mengerjakan tugas dan melakukan aktifitas pembelajaran lainnya.

Saya belum mahir menggunakan komputer dan internet, dapatkah saya menjadi mahasiswa MEDIU?

Di awal kuliah insya Allah akan diselenggarakan workhsop dasar komputer dan latihan menggunakan internet, khususnya yang diperlukan untuk pembelajaran di MEDIU seperti cara membuat email, cara memakai messenger, cara menggunakan mailing list, cara menggunakan ALIM, dll

Apakah pendaftaran hanya dapat dilakukan di kampus MEDIU?

Karena pendaftaran dilakukan secara online, maka dapat dilakukan dimana saja; Di warnet, di rumah, dan di tempat manapun yang tersedia koneksi internet. Namun dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan, selain dikirim melalui internet juga di kirim ke kampus MEDIU Yogyakarta.

Jika saya tidak memiliki ijazah SMU apakah saya tetap bisa mendaftar menjadi mahasiswa MEDIU?

Jika anda memiliki ijazah sekolah menengah yang setara dengan SMU maka ini diperbolehkan. Semisal ijazah Madrasah Aliyah, Ijazah Kejar Paket C, Ijazah Pondok Pesantren yang disetarakan dengan SMU, dll.

Jika saya belum bekerja bagaimana saya mengumpulkan fotocopy slip gaji/penghasilan?

Silakan melampirkan fotokopi slip gaji orang tua. Bila orang tua tidak memiliki slip gaji (misal: karena wiraswasta) maka dapat menggunakan surat keterangan nominal jumlah penghasilan dari RT / RW atau perangkat desa. Contoh:

Bagaimana cara membayar uang pendaftaran?

Uang pendaftaran 25 RM dan biaya tes MAPT 100 RM dapat di transfer langsung ke rekening MEDIU pusat melalui bank-bank lokal seperti BCA, Mandiri, Lippobank yang melayani pengiriman uang ke luar negeri. Jangan lupa untuk menyebutkan swift code yang dibutuhkan saat mentransfer uang. Atau dapat juga dengan menitipkannya kepada staff LC untuk di tranferkan ke MEDIU Malaysia.

Saya berada di luar kota Yogyakarta, bagaimana saya mendaftar?

Pengisian formulir dilakukan secara online. Jadi anda dapat melakukannya di kota anda. Dapat dilakukan di warnet, atau di rumah jika anda memiliki koneksi internet. Dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dapat di scan dan disertakan dalam formulir online tersebut. Kemudian dokumen-dokumen tersebut kemudian di kirim ke kantor Learning Centre Yogyakarta dapat melalui pos atau langsung datang ke kantor kami.

Pendaftaran

  1. Mengisi Form Pendaftaran Online
  2. Kirimkan dokumen + data Online Registration ke Learning Center Mediu Yogyakarta. Dokumen-dokumen persyaratan antara lain:
  • Ijazah pendidikan terakhir legalisir (Ijazah yang diakui oleh pemerintah/dinas pendidikan nasional)
  • NEM/ transkrip nilai terakhir legalisir
  • Pas photo 3×4 3 lembar , 2×3 3 lembar
  • KTP yg dilegalisir RT/RW/kelurahan
  • Surat pernyataan bahwa siap mentaati peraturan pembelajaran dan menjalankan kegiatan belajar dengan baik di MEDIU.
  • Dokumen pendukung lainnya:  fotokopi surat pernyataan penghasilan atau slip gaji resmi, surat rekomendasi, sertifikat kejuaraan, dsb. Semua dokumen harus dilegalisasi oleh notaris, dukuh/kelurahan, imam masjid jami’, yayasan atau ormas islam yang diakui pemerintah.
  1. Membayar administrasi pendaftaran sebesar 8 USD  (untuk S1)
  2. Setiap siswa harus lulus tes kemahiran bahasa Arab (MAPT) dengan biaya sebesar 32 USD. Pendaftar lulusan timur tengah atau LIPIA tidak perlu mengikuti tes MAPT.
  3. Pendaftar menunggu konfirmasi pihak MEDIU untuk mengikuti tahap selanjutnya (MAPT dan wawancara).
Share: