Ahad (30/8/09) sore, bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1430 H. terlihat lapangan basket sudah ramai dipenuhi oleh seluruh element warga Darunnajah Cipining, dari seluruh staf guru, santri, dan karyawan pesantren. Tak lupa juga para tamu undangan dari tokoh masyarakat kampung Cipining dan sekitarnya yang turut hadir memeriahkan acara ifthor jama’i dan santunan sosial yang diselenggarakan tiap tahunnya di pesantren tercinta dengan panitia pelaksana dari kakak-kakak santri niha’I (santri kelas VI TMI). Adapun kali ini, panitia kelas niha’i adalah angkatan 17 yang bernama ADVANCE.

Suasana Acara Ketika Maghrib Menjelang

Suasana Acara Ketika Maghrib Menjelang

Acara yang bermottokan ”Memupuk Silaturrahmi di Bulan nan Suci dengan Saling Berpegang Teguh dan Berbagi untuk Meraih Ridho Illahi” mengundang 125 anak yatim dan dhuafa dari kampung sekitar pesantren yang merupakan anak-anak penerima santunan pada acara ini. Terlihat mereka memancarkan sinar bahagia dengan senyum terkulum di wajah-wajah mungil mereka ketika acara dibuka dengan lagu ST12 “Kebesaran-Mu” oleh saudara Syamsul Lubies yang diiringi dengan permainan piano oleh saudara Suhendi. Keludian acara disambung dengan penampilan grup Marawis dari panitia sehingga menambah ramai acara pada sore hari itu, seolah tak mau kalah. Kelompok tim nasyid Da’i Nada yang sempat tampil di stasiun TVRI juga turut menghiasi acara kali itu dengan penampilannya yang perdana setelah vakum untuk beberapa saat.

Peserta Acara Santri Putri

Peserta Acara Santri Putri

Ketua panitia, Helmi Firdaus, menjelaskan bahwa tujuan acara ini secara umum untuk menjalin dan memperkuat ukhuwah islamiyah antarmasyarakat sekitar pesantren dengan seluruh elemen pesantren dan sesama umat muslim. Dan Alhamdulillah, upaya ini disambut baik oleh masyarakat. Hal ini seperti yang dikatakan dalam sambutannya. “Program amal ini mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari seluruh alumni dan para donator, ini terbukti dari terkumpulnya dana yang kurang lebih mencapai jumlah sekitar 57 juta” katanya penuh syukur. Oleh karena itu, ucapan terima kasih tak luput pula disampaikan dalam kesempatan tersebut yang mewakili seluruh panitia kepada pimpinan pesantren, para dewan guru, serta para donatur dan sponsor yang menyisihkan sebagian hartanya untuk kesuksesan acara santunan sosial 2009 ini.

Peserta Santunan Dan Pimpinan Pesantren

Peserta Santunan Dan Pimpinan Pesantren

Acara dibuka oleh saudara Maulana Yusuf Ramdhani dan Farhan Maulana (keduanya santri kelas VI TMI) yang bertindak selaku MC. Kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Syamsul Bahri Lubis (santri kelas VI TMI )yang berjalan tanpa kendala apapun sampai sesi sambutan oleh ketua panitia dan pimpinan pesantren ,dan prosesi penyerahan santunan. Menjelang berbuka puasa , K.H Zakaria yang merupakan tamu undangan sekaligus ketua MUI Cigudeg menyampaikan tausiyah Ramadhan hingga menjelang adzan Maghrib berkumandang. Saat Adzan tiba, dengan doa dipimpin oleh Ustadz Muhlisin, S.H.I., seluruh peserta dan undangan bersegera untuk berbuka.

Ba’da shalat Maghrib berjamaah acara kali itu dilanjutkan dengan sesi ramah tamah dengan para tamu. Menyusul selanjutnya adalah makan malam bersama yang diiringi lagu-lagu dari tim marawis serta pembagian doorprize dan kenang-kenangan dari panitia. Para panitia sangat bersyukur acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala terutama dari cuaca, karena settingan latar mengambil tempat di lapangan basket Darunnajah Cipining. ”Alhamdulillah gak hujan, padahal kemaren dah mulai-mulai kelihatan agak mendung. Gak kebayang sedihnya kao misalnya hujan” ucap filiansyah salah satu panitia.

Acara meriah sampai menjelang adzan Isya tanda acara akan ditutup. “Kami sangat bersyukur sekali acara ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan tanpa kendala dari cuaca yang buruk sejak awal sampai akhir acara. Jadi kerasa banget dech berkahnya Ramadhan” tutur para panitia ketika sedang berbenah-benah pasca acara.

Secara khusus, pesantren Darunnajah Cipining mengucapkan kepada pihak-pihak yang turut mendukung acara ini, antara lain kepada K.H. Ghozali (Salah satu pimpinan K-Link), PT. Batavia Busway, BUKOPIN, MBK, IKPDC, dan seluruh donator yang tidak dapat disebutkan namun insyaAllah bantuannya sangat bermanfaat. Semoga seluruh amal ,harta, dan usaha dalam terwujudnya acara ini dapat diterima oleh Alah SWT.Amien.(Helmi 17)

Share: