Darunnjah Group mempelopori Perkemahan Pramuka Santri Nusantara se-Indonesia. Termasuk Pondok Pesantren Darunnajah II Cipining, turut berkiprah dalam melahirkan embrio yang eksis tahun 2006 dalam wujud Perkemahan Pramuka santri Nusantara I. Hal ini dilatar belakangi oleh PORSEKA (Pekan Olah Raga Seni dan Pramuka) yang menjadi program tahunan Darunnajah serta GTM (Gladi Tangkas Medan) se-Jawa Madura. Sedangkan dalam ukiran sejarah perkemahan santri yang dihadiri 33 kwartir masing-masing propinsi se-Indonesia, Darunnajah II menggondol prestrasi gemilang sebagai peserta terbaik kreasi IPTEK tingkat nasional. Perkemahan perdana ini akan dijadikan sebagai tolak ukur pelaksanaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara II, yang akan dilaksanakan di Jatinangor Bandung.

Agenda dan persiapan perkemahan diulas tuntas dalam acara workshop yang digelar di Hotel Katulistiwa Jatinangor, Rabu-Jumat (13-15/8). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Departemen Agama RI ini, mengangkat tema “Peningkatan Pembina Pramuka Santri”.

Materi yang diangkat merujuk pada persiapan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara II, Diantaranya: Dinamika kelompok, Kebijakan Ditjen Pendidikan Islam dan Pengembangan Pramuka di Pondok Pesantren dan Self Suport Pembina Pramuka Santri. Disela-sela acara diadakan upacara peringatan hari pramuka ke-47, Kamis (14/8), serta review Perkemahan Pramuka Santri I tahun 2006.

Dalam pemantapan program, diadakan siding komisi yang terdiri dari dua komisi. Komisi I membahas pelaksanaan dan bentuk-bentuk kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara II. “Kami mengupas masalah juklas dan juknis perkemahan yang Insyaallah akan dilaksanakan antara akhir Juni-awal Juli di Jatinangor.” Papar Saiful Hadi S. Pi. M.T. dengan No Anggota NTA. 09.01.0054, perwakilan dari Darunnajah II Cipining sebagai anggota komisi I. Sedangkan komisi II membahas tntang penyelenggaraan dan persyaratan peserta.

Hadir sebagai nara sumber, Direktur P.D Pontren, Drs. H. Amin Haedari, M.Pd. Ka Kwarnas, Kabid Peka Pontren DKI Jakarta, Drs. Toyib Saputra, M.Pd., Kasubid Pemberdayaan Santri dan Layanan Masyarakat, Drs. Khoeroni, M.Si. dan Dr. Sigit Muryono, M.Pd.

Renungan malam dan kunjungan ke BUPERTA Jatinangor yang dipimpin oleh Mardani Djuhri, MA, menghiasi akhir acara. Kesimpulan akhir, terpilih Kanwil Departemen Agama Jawa Barat sebagai panitia pelaksana (SC) sekaligus tuan rumah Perkemahan Pramuka Santri Nusantara II.

Share: