Nama Pesantren Darunnajah Cipining sudah cukup familiar didunia Google. Sehingga ketika memasukkan kata kunci ‘Pesantren’ pada kolom Pencarian, nama Pesantren Darunnajah Cipining akan muncul pada halaman pertama atau kedua. Sehingga para pengguna Internet didunia ini tidak kesulitan untuk mencari Informasi Pesantren terbaik sebagai ladang untuk menimba Ilmu. Berkat jasa dari Informasi Internet ini juga yang mengantarkan Pondok Pesantren ‘Ainurrafiq berkunjung ke Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor. Dalam Acara Rihlah Iqthisodiyah atau “Economic Study Tour” Pesantren ‘Ainurrafiq Cigandamekar Kuningan Jawa Barat

Senin, (03/05) Siswa Akhir TMI Pondok Pesantren ‘Ainurrafiq Periode 2009/2010 M yang berjumlah 25 siswa dan 5 orang Pembimbing beserta Dewan Pimpinan tiba di Bumi Darunnajah pada Pukul 17.00 WIB. Gayung bersambut, Staf dari Biro Pengasuhan langsung menyambut dan mendampingi mereka ke Ghurfatudh Dhuyub untuk beristirahat dan mempersiapkan Acara Dialog bersama Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining yang akan dilakukan di Auditorium Pesantren.

Bakda Shalat Isya, tepatnya Pkl 20.00 WIB Siswa Akhir TMI Angkatan ke-IV ini, berikut Pendamping dan Dewan Pimpinan Pesantren ‘Ainurrafiq langsung menuju ke lokasi Pertemuan. Acara Ramah Tamah dan Dialog bersama Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining serta merta dibuka. Dalam pertemuan tersebut, Pimpinan Pondok Pesantren ‘Ainurrafiq H Ahmad Rafiq Rosyad dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraannya bisa duduk berdampingan bersama Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining. Harapan beliau setelah Pertemuan tersebut, Pesantren Darunnajah Cipining dapat memberikan Ilmu untuk diaplikasikan oleh Pesantren ‘Ainurrafiq, sehingga Pesantren yang baru 7 tahun ini bisa lebih baik dan sebesar Pesantren Darunnajah Cipining.

Selanjutnya adalah Sambutan dari Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc seklaigus Presentasi tentang Profil Pesantren. Presentasi yang Beliau sampaikan mencakup Visi dan Misi, Organisasi, Unit Pendidikan, Fasilitas Pesantren, Kurikulum, Kegiatan Ekstra dan Intra Kurikuler, Evaluasi dan Prestasi. Dan sesuai Tujuan kunjungan, Economic Study Tour, acara Dialog ini didominasi oleh Presentasi dari Biro Usaha dalam hal kegiatan Usaha Pesantren untuk menunjang Perekonomian Pesantren. KH Jamhari Abdul Jalal, Lc menjabarkan bentu-bentuk Usaha yang dimiliki Pesantren. Diantaranya dalam bidang Peternakan, Pertanian, Perkebunan, Pertanian, Industri, Warnet, Wartel, Waserda, Kantin, Barbershop, Tailor, Laundry, dan lain-lain. Dari usaha-usaha yang terus dikembangkan ini, Pesantren Darunnajah dapat melakukan pembangunan yang berkesinambungan dan menyelenggarakan Pendidikan dengan baik dan lancar.

Disela-sela sambutannya, Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining menawarkan Pendidikan Gratis bagi santri ‘Ainurrafiq yang ingin menjadi Kader Darunnajah Cipining, yakni setelah lulus dari Darunnajah Cipining ini, maka santri tersebut dapat mengabdi di Darunnajah Cipining dan langsung mendapatkan penghasilan sendiri, atau kembali ke Pesantren ‘Ainurrafiq untuk mengamalkan Ilmunya. Setelah Presentasi dari Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, dibuka sesi Tanya jawab. Terlihat Santri TMI Kelas Akhir ini sangat antusias untuk menggali lebih dalam Ilmu yang ada di Darunnajah Cipining.

Bakda Shubuh, Rombongan Siswa Akhir TMI, berikut Pendamping dan Dewan Pimpinan Pesantren ‘Ainurrafiq berpamitan kepada Pimpinan Pesantren yang kala itu sedang mengisi Pengajian Majelis Ilmi untuk melanjutkan Agenda lanjutannya. Dalam perpisahan ini, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc berpesan dua hal;

  1. Apa yang dilakukan sekarang ini sudah benar. Harus sering silaturahim kepada Pesantren-pesantren dan sekolah-sekolah lain, karna dari situlah terdapat informasi berharga untuk mendapat dukungan kemajuan pesantren.
  2. Jangan berhenti berusaha, jangan mundur tatkala rintangan menghadang. Teruslah berjuang untuk menolong Agama Allah SWT

(يَآَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا إِنْ تَنْصُرُوا اللهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ (محمد : 7

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (QS Muhammad : 7)

[WARDAN/Kang DR]

Share: