Apr 232013
 

Darunnajah1Mengingat kebersihan merupakan komponen terpenting dalam kehidupan, Pondok Pesantren Darunnajah Cipining terus tingkatkan kebersihan lingkungan baik dari segi ruang kelas, kamar, asrama dll. Hal ini di tangani langsung oleh Bagian Kebersihan Pesantren baik dalam kalangan dewan guru maupun pengurus OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining ) yaitu Bagian K4 (Kebersihan, Kerapihan, Keindahan dan Ketertiban).

Program kerja yang selama ini telah di canangkan adalah melaksanakan wajib bersih dilikungan pesantren setiap ba’da subuh dan khususnya bakti sosial massal di hari libur yaitu hari Jum’at. Selain itu pesantren memberikan apresiasi kepada kamar maupun kelas yang terbersih dengan mewajibkan kamar ataupun kelas terkotor untuk memberikan hadiah. Hal ini membuat para santri berhati-hati dan giat dalam rangka menjaga kebersihan serta meningkatkan kesadaran para santri dalam menjalankan program gerakkan kebersihan.

Hal ini di pertegas langsung oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining yakni K.H. Jamhari Abdul Jalal Lc, dalam rapat guru. Amanat yang disampaikan adalah para santri diwajibkan untuk melaksanakan gerakan kebersihan dengan meningkatkan kegiatan bakti sosial tepatnya selepas Shalat Ashar berjamaah, pencanangan tersebut dibantu dan di dukung langsung Ka. Biro pengasuhan maupun Biro Pendidikan. Karna secara tidak langsung menjaga kebersihan merupakan proses pendidikan yang baik.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut pengurus OSDC memberikan dukungan dan hadiah kepada santriwati yang terbersih baik dalam segi kamar maupun ruang kelas. Bukan hanya kesehatan yang di junjung tinggi, pesantrenpun memberikan wahana pengobatan gratis lewat Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren). Di tambah dengan seminar-seminar kesehatan yang di adakan di pesantren.

Mengingat kebersihan merupakan sebagian dari iman, tak salah pesantren menjunjung tinggi nilai kebersihan dan kebersihan sebagaisalah satu cerminan dan kebiasaan yang baik yang harus tertanam pada diri setiap santri. Selain itu pesantrenpun mengajarkan indahnya memiliki lingkungan yang sehat dan bersih dengan meningkatkan jiwa kemandirian para santri dalam menjaga kebersihan

semoga dengan di galangkannya berbagai macam program kerja yang di tegakkan di pesantren darunnajah cipining mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Serta menjadikan generasi-generasi bangsa yang berkepribadian baik.

(WARDAN/Annnisa)