Bila berbagai jajanan seperti kue, gorengan dan sejenisnya semakin menampakkan variasi bentuk dan rasa yang disediakan di kantin pesantren, maka hal ini menggembirakan buat para santri. Berarti penawaran ini membuka peluang bagi mereka untuk memilih apa yang akan dibeli.

JAJAN_1Di samping kebutuhan jasmani yang harus terpenuhi, kebutuhan akan ilmu juga selayaknya ditingkatkan seiring dengan pemenuhan kebutuhan lain. Tidak melulu makanan yang membuat jadi kenyang, tapi wawasan dan informasi menjadi pilihan bijak yang turut dikembangkan sebagai dasar pengembangan diri santri.

Untuk kebutuhan akan ilmu itulah, bagian perpustakaan Organisasi Santri Darunnajah Cipining (OSDC), dalam program terbarunya membuka peluang bagi santri untuk dapat mengunjungi perpustakaan pesantren setiap harinya selama 24 jam. Program yang cukup kondusif untuk pengembangan keilmuan santri dari level junior hingga senior.

Program yang digulirkan dengan nama ‘Jajan Gratis’ tersebut telah dimulai sejak usainya program mid semester ganjil. Dalam program inilah para santri diharapkan menyempatkan waktu atau mengalokasikan waktu khusus untuk jajan ilmu dengan sekedar membaca berbagai buku yang telah tersedia.

Ketua bagian perpustakaan, Fajar Nurohman, yakin dengan program ini, apalagi menurutnya, saat ini perpustakaan telah menambah koleksi buku-buku barunya. “Kalau mau banyak tau tentang banyak hal, atau pengen pinter, datang aja ke perpus!” katanya.

Menanggapi program ini, Ustadz Musta’in, salah satu pengajar materi Bahasa Indonesia, mendukung penuh, bahkan harapannya agar kegiatan bagian perpustakaan berkaitan dengan tulis menulis dan bedah buku digiatkan kembali. Masih menurut Ustadz Musta’in, bahwa saat ini perpustakaan harus membuat berbagai aneka kreasi kegiatan yang dapat menarik para santri untuk datang ke perpustakaan.

Letak perpustakaan santri yang kini menempati ruang lantai 2 di atas gedung tahfidz juga menambah kegiatan membaca menjadi kondusif. Membaca sambil menikmati panorama sekitar pesantren bisa menjadi pilihan santri saat sore hari. Mari, Jajan ilmu gratis untuk masa depan yang lebih cerah!

Share: