Selama kegiatan LDK berlangsung para peserta di didik dan di bina kurang lebih selama 2 hari, peserta di berikan wawasan bagaimana memiliki jiwa kepemimpinan yang sejati dan mampu membawa roda kepengurusan organisasi menuju jenjang yang lebih baik lagi.

LDK2 2013Mengingat pengurus merupakan salah satu faktor utama penggerak adanya disiplin, maka para pengurus baru khususnya dalam ajang LDK (Latihan dasar kepemimpinan) 2013 pesantren terus bangkitkan dan tingkatkan kesemangatan para santri untuk menuju generasi bangsa yang sarat akan agama.

Di hari ke-3 ini di awali dengan sesson “Membangun Jiwa Kepemimpinan” yang di sampaikan langsung oleh Trainer Nasional sekaligus Alumni TMI Darunnajah Cipining angkatan ke-1 yakni Ust. Samsul Rahman, M.Ag Dalam hal ini para peserta diajak untuk berjelajah ke beberapa negara yang ada di dunia, diantaranya Swiss, Spanyol, Amerika dan jepang. Dalam hal ini beliau memberikan beberapa tayangan sekaligus gambar negara maju dan berkembang dalam hal teknologi maupun dalam hal disiplin. Tak hanya itu, yang lebih seru para peserta di berikan hadiah bagi siapa saja yang berperan aktif dalam sesson tersebut.

Setelah sesson selesai di lanjutkan dengan materi “Metodologi Pembelajaran Iqra” yang disampaikan oleh Ust. Rosichin S.Pd.I. pada kesempatan tersebut beliau mengajarkan berbagai tips mudah untuk memahami pelajaran Iqra berikut dengan metodologinya. hal ini membantu para pengurus dalam belajar bermasyarakat melalui lembaga MD (Madrasah Diniyah).

Sesi kembali di lanjutkan Selepas Shalat  Dzuhur berjama’ah dengan materi “Teknologi, Informasi dan Komunikasi” yang di sampaikan oleh Ust. Musthofa Zahir S.Pd.I, Lc, M.Ag. dalam hal ini peserta di ajak untuk mengenal berbagai teknologi yang dapat di gunakan di masa modern ini, begitupun dengan berbagai media sosial yang dapat mempermudah para pengurus untuk dapat mencari berbagai informasi.

Di sore hari acara semakin seru di tambah dengan pelatihan “Menerapkan Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari” yang di sampaikan langsung oleh KORAMIL Kecamatan Cigudeg yakni Bapak Admin, Para peserta di berikan berbagai macam pelatihan fisik sekaligus begaimana memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Karna untuk jadi pemimpin di butuhkan kesiapan mental yang kuat dan jasmani yang sehat.

Di susul pada malam hari yaitu materi Emotional, Spiritual, Quotient (ESQ) yang di sampaikan oleh Ust. Samsul Rahman selaku trainer ESQ di bantu dengan Ust. Abu Munazar. Dalam hal ini peserta di berikan berbagai macam tayangan vidoe yang dapat menyadarkan bahwa tujuan utama kita semua merupakan tergantung “Niat” dan semua hanya tertuju kepada Allah SWT. Selain itu beliaupun memberikan pelatihan tentang bagaimana cara menghormati orang tua. Karna tanpa orang tua kita tidak mungkin terlahir ke dunia dan merasakan bagaimana kesuksesan yang telah kita capai saat ini.

Hal ini membuat para peserta menggenangkan air mata atas berbagai kesalahan yang mungkin tak pernah disadari, maka dari itu santripun di berikan kesempatan untuk dapat Introspeksi diri sekaligus berani berubah menjadi lebih baik lagi untuk saat ini dan nanti.

Semoga dengan diadakannya berbagai kegiatan yang telah di berikan mampu menjadikan kegiatan LDK menjadi ajang yang sangat bermanfaat dan bekal yang kuat untuk para peserta maupun para anggota.

(WARDAN/Annisa)

Share: