LIPIA

Untuk bisa kuliah S1 di LIPIA sekarang menjadi lebih mudah, karena LIPIA sudah membuka program E-Learning. Yaitu pembelajaran jarak jauh dimana mahasiswa bisa belajar dari manapun. Berikut ini keterangan program E-Learning LIPIA yang diterjemahkan bebas dari situs resminya:

  1. E-Learning adalah suatu program pembelajaran yang canggih. Disini seorang mahasiswa akan mendapatkan gelar S1 setelah lulus program ini tanpa harus datang ke kampus.
  2. Melalui internet mahasiswa bisa mendapatkan materi-materi pelajaran dan mendengarkan penjelasan dari dosen.
  3. Mahasiswa bisa berdiskusi dengan dosen pengajar melalui fasilitas tele-conference sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  4. Masa pendidikan didalam program ini adalah sembilan semester. Dimana semester pertama digunakan untuk melatih mahasiswa menjalankan program ini.
  5. Sebenarnya untuk setiap semester dikenakan biaya pendidikan. Untuk semester pertama sebesar 300.000 Riyal, dan untuk semester-semester berikutnya 250.000 Riyal untuk tiap semester. Akan tetapi biaya yang perlu dibayar mahasiswa hanya 500 Riyal saja untuk tiap semesternya (sekitar Rp.1.228.000), dimana sisa biayanya akan ditanggung oleh lembaga-lembaga sosial Universitas.
  6. Program ini mensyaratkan kemampuan bahasa Arab yang baik.
  7. Untuk pendaftaran silahkan isi formulir yang telah disediakan (download di http://bit.ly/e-lipia) dan sertakan fotocopi ijazah Madrasah Aliyah/SLTA/yang sederajat, fotocopi KTP, dan agar menyertakan dokumen aslinya untuk dicocokkan. Bagi lulusan I’dad dan Takmili LIPIA agar juga menyertakan fotocopi ijazahnya. Formulir dan dokumen diserahkan ke Syu’un Thullab (Bagian Kemahasiswaan) di Kampus LIPIA. Formulir bisa juga diisi langsung melalui situs LIPIA (buka http://bit.ly/i-lipia).
  8. Informasi selengkapnya bisa dilihat di website www.lipia.org atau melalui telpon 021-7814482 dan fax 021-7826002.

 

Sekilas Tentang LIPIA

LIPIA singkatan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab, sebuah lembaga pendidikan Islam yang berada di Jakarta. LIPIA didirikan pada tahun 1980. LIPIA merupakan cabang dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa’ud di Riyadh, yaitu universitas negeri di Kerajaan Arab Saudi. Semacam UI di Indonesia. Kampus sejenis LIPIA juga terdapat di beberapa negara lain seperti Jepang dan Amerika. Alumni LIPIA sudah lama berkiprah dan diakui masyarakat Indonesia.

Kampus LIPIA saat ini menempati dua buah gedung berlantai lima di Jalan Buncit Raya No. 5A Ragunan Jakarta Selatan. Website resminya www.lipia.org. Semua informasi terbaru tentang LIPIA bisa didapatkan dari website tersebut. Bisa juga dengan datang langsung ke kampus LIPIA karena semua pengumuman pasti ditempel di dinding kampus. Seperti pengumuman penerimaan mahasiswa baru dan lain-lain.

Selain E-Learning LIPIA juga memiliki program perkuliahan reguler sebagai berikut:

  1. Jurusan Syari’ah: memberikan gelar Bachelor/Lc dalam bidang ilmu syar’iah. Masa belajar 4 tahun.
  2. Jurusan Persiapan Bahasa/I’dad Lughowi, terdiri dari empat level, lama pendidikan 2 tahun.
  3. Jurusan Takmily/pra Universitas, lama pendidikan dua semester.
  4. Jurusan Pendidikan Guru/Diploma, memberikan ijazah diploma umum dalam bidang metodologi pengajaran bahasa Arab bagi non Arab. Lama pendidikan dua semester.

 

Share: