Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan wawasan siswa dalam hal leadership, 17-19 April 2007 yang lalu pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Darunnajah mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini dipandu oleh Ustadz M. Rizal Syafaat dan Ustadz Agus Sapta Eka, sebagai pembimbing OSIS. Penyampaian beberapa materi dikemas serupa dengan drama tragedi yang membuat acara semakin semarak. Hal ini tercermin dari keantusiasan para peserta yang berjumlah 53 siswa/i.

Seusai upacara pembukaan, materi pertama yang diberikan bertajuk “Pemimpin Yang Spektakuler.” Pada sesi kali ini para peserta didadar untuk berani menjadi pemimpin. Mahmun terpilih menjadi ketua peserta.

Hari berikutnya peserta kembali digembleng di lapangan. Adapun tema sesi ini ialah “Gladi Pemimpin Muda. “ Pada sesi kali ini peserta lebih banyak diberi materi tentang kepemimpinan. Setelah selesai pemadatan materi sore harinya (ba’da ashar) peserta diajak untuk karnaval dengan kostum ala regu mereka masing-masing.

Malam harinya diadakan acara Api Unggun Gembira. Karena cuaca yang kurang mendukung maka acara dilaksanakan di dalam ruangan. Kendati demikian, semangat para peserta tidak surut. Hal ini terlihat ketika acara galang kreasi, mereka penuh gairah menunjukan apresiasi seni per regu. Suasana semakin meriah manakala canda tawa dan celoteh keluar dari peserta yang menunggu giliran mementaskan atraksinya. Seusai api unggun peserta diberikan waktu untuk istirahat.

Dini harinya, Kamis, 19 April 2007, pukul 03.00 WIB peserta dibangunkan guna melaksanakan renungan malam. Sebelum renungan malam dimulai peserta melaksanakan Qiyamul Lail terlebih dahulu secara berjamaah. Pagi harinya memasuki hari ketiga para peserta diajak safari camp dengan menyelusuri jalur menuju bukit 1 Darunnajah. Sepanjang rute peserta harus melewati halang rintang yang telah disediakan. Hal ini dimaksudkan sebagai cerminan seorang pemimpin harus selalu sigap melewati segala kendala yang dihadapinya dengan penuh perhitungan yang matang.

Setelah seluruh peserta sampai ke puncak bukit, mereka dijamu dengan acara yang paling fantastik, yaitu Out Bond. Di sesi ini peserta diberikan beberapa permainan, antara lain: membawa bola pingpong secara estafet, memasukan paku ke dalam botol secara berkelompok, dan permainan melewati jaring-jaring pemimpin menembus masa depan.

Di penghujung acara peserta berkumpul di lapangan guna mengadaka upacara penutupan dan pemilihan peserta terbaik, terfavorit, terheboh, teraktif dan sebagainya; sekaligus pemberian kenang-kenangan dari panitia. Berikut adalah nama-nama peserta penerima penghargaan:

1. Peserta terbaik : Mahmun

2. Peserta terfavorit : Rohmat Hidayat

3. Peserta terheboh : Sani Nuraini

4. Peserta teraktif : Yuningsih

Akhirnya dengan LDK ini diharapkan akan dapat muncul pemimpin-pemimpin yang memiliki kredibilitas dan dedikasi yang tinggi, diiringi dengan jiwa kepemimpinan yang Islami

Share: