Jan 152009
 

Life skills (kecakapan hidup) adalah kemampuan seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya

Kecakapan hidup merupakan hal mendasar dan esensial bagi setiap peserta didik, karena dalam menjalani hidup dan kehidupan, seseorang senantiasa dihadapkan pada sejumlah permasalahan yang mesti dilaluinya. Pelatihan life skill memberikan bekal bagi peserta didik untuk menghadapi dan memecahkan problema hidup, baik sebagai pribadi yang mandiri, warga masyarakat maupun sebagai warga negara.

Madrasah Aliyah Darunnajah Cipining baru saja mengikuti kegiatan Orientasi Implementasi Life Skills di Madrasah pada tanggal 14 s.d 16 Nopember 2007 di Hotel Endah Parahyangan Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Agama. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) utusan dari Madrasah Aliyah se-Jawa Barat. Adapun peserta yang mewakili Kabupaten Bogor berjumlah 4 orang, salah satunya adalah dari Madrasah Aliyah Darunnajah Cipining (Ustadz Anton Septiono, S.Pd.I).

Peresmian pembukaan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini dilakukan oleh Kepala Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Barat, Drs. H. Muhaimien Luthfi, M.M. Sesi berikutnya mengangkat tema Kebijakan Mapenda Islam dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah, disampaikan oleh Kabid Mapenda, H. Dedy Rokhaedie Arief. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa salah satu wujud yang nyata dalam meningkatkan kualitas madrasah adalah dengan meningkatkan SDM gurunya melalui program sertifikasi dan pemberian beasiswa studi S-1 yang sedang dilaksanakan pada saat ini.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Kasubdin Dikmenti Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bapak Syarif Hidayat, yang menyampaikan informasi tentang petunjuk teknis pelaksanaan Ujian Nasional SLTP dan SLTA, dan UNTUS Sekolah Dasar.

Materi lain yang disampaikan antara lain adalah: (1) Kebijakan Kanwil Depag Jawa Barat dalam pengembangan program life skills pada madrasah, (2) Konsep dasar life skills madrasah aliyah (MA), (3) Model pembelajaran life skills utama di MA, (4) Teknik penyusunan silabus dan RPP TIK dan Ketrampilan, (5) Praktek pembelajaran life skills dan produknya, (6) Refleksi Impelemntasi life skills MA, dan (7) STL/Action Plan.