Selasa, 19 Juni 2012, pagi Raudhatul Athfal (RA) Darunnajah Cipining menggelar acara wisuda siswa-siswi. Acara berlangsung di samping masjid jami’ pesantren. Jumlah wisudawan/wati sebanyak 48 anak. Bersamaan dengan itu dibagikan pula rapor kepada 40 anak peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD) Darunnajah Cipining.

Hadir dalam acara tersebut Pimpinan Pesantren K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc, Kepala Biro Pendidikan ustadz Faruq Abshari, S.Pd.I, dan Kepala RA ustadzah Sri Purwati, S.Pd.I, serta para orang tua/wali wisudawan/wati.

Sambutan orang tua/wali siswa-siswi disampaikan oleh Bapak Nurfathoni (ayah ananda Faiz). Bapak Toni mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian prestasi anak-anak. “Rasanya sulit kalau kita (para orang tua) yang harus mendidik sendiri semuanya sehingga anak-anak kita jadi seperti ini,” ungkapnya. Untuk itu Bapak Toni menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas jerih payah kepala RA beserta segenap guru, terutama dalam mendidik agama dan amaliyah ibadah anak-anak.

Selanjutnya adalah sambutan Kepala RA. Ustadzah Sri melaporkan hasil pembelajaran selama satu tahun terakhir. Beliau juga membacakan nama para wisudawan/wati peraih peringkat terbaik. Prosesi wisuda kemudian dilakukan oleh Kepala RA dan Kepala Biro Pendidikan.

Pimpinan pesantren dalam tausiahnya kembali mengingatkan segenap hadirin, betapa semakin sulit dan berat mendidik anak-anak, khususnya dari segi agama (ibadah dan akhlak). “Penguasaan ilmu pengetahuan semata belum menjamin kebahagiaan anak-anak dan ketenangan hati para orang tua,” kata Pak Kyai. Oleh karena itu beliau terus mengingatkan kewajiban para orang tua akan pendidikan agama anak-anak mereka. Salah satu kewajiban itu, menurut Kyai Jamhari, adalah memilihkan madrasah/sekolah yang peduli dan secara serius melaksanakan pendidikan agama, di samping prestasi akademik siswa-siswinya.

Seusai acara dilakukan sesi foto (pengambilan gambar) wisudawan/wati bersama orang tua masing-masing. [WARDAN/Mufti]

Share: