Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk membentuk para pemuda Indonesia hidup mandiri, trampil, bermental tinggi dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, selalu berusaha untuk memenuhi tugas luhur tersebut. Maka harus ada peningkatan mutu dengan penyesuaian perkembangan masyarakat dan organisasi Gerakan Kepramukaan. Dalam merealisasikan hal tersebut diperlukan eksistensi pembina sebagai penopang dan pembimbing para peserta didik. Hal ini tidak hanya tanggungjawab Kwartir, namun bagi setiap Pembina Pramuka dan anggota Pramuka untuk mengimbangi tugas Kwartir dan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan meningkatkan kualitas diri baik ketramnpilan dan pengetahuan.

Salah satu langkah peningkatan kwalitas Kepramukaan yaitu dengan mencetak pembina Pramuka Mahir yang bermutu. Dalam hal ini Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor ikut serta dalam merealisasikan dengan menyelenggarakan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar yang kesekian kalinya.

Kegiatan ini merupakan Sunnah Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor untuk anggota Gerakan Pramuka yang telah duduk di kelas V TMI selama 5 hari bertempat dibumi perkemahan kampus 2 terhitung dari tanggal 23 Juni sampai 27 Juni 2012.

Ketua pelaksana khursus tahun 2012 ini dipimpin oleh Kak Enang,S.Pd,MM,MG dari Kwartir Cabang Bogor. Dan adapun kepanitian KMD 2012 ini dari dewan guru PP Darunnajah Cipining Bagian kepramukaan yang diketuai oleh kak Ahmad Dimyati.

Untuk kali ini pelatih Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dari Kwartir Cabang berjumlah 15 pelatih lulusan KPD dan KPL.

Walaupun dihari pertama diguyur oleh air hujan tapi kesemangatan peserta KMD 2012 tetap ada dan tidak mengenal putus asa, untuk materi KMD diadakan di dua tempat yaitu In dor dan Out dor supaya peserta KMD tidak bosan dalam mengikuti pemberian materi.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini bervareasi antara lain pengetahuan dasar pramuka, sejarah, prodik siaga, prodik penggalang, prodik penegak, kode kehormatan,sistem among,cara membina, ketram, tata cara upacara dan masih banyak lagi.

Kesemangatan yang masih membara terlihat pada raut wajah peserta ketika mengadakan acara api unggun pada malam selasa tetapi kegiatan KMD tidak terasa akan ditutup bertepatan pada hari Rabu pagi, 27 Juni 2012 dengan upacara penutupan di bumi perkemahan, sebelum diadakannya upacara penutupan kegiatan KMD 2012 secara resmi peserta dilatih tata cara baris berbaris dengan tongkat oleh pensiunan TNI AD yaitu kak H.AR.Brasah.MT yang pada kesempatan kali ini beliau juga menjadi pelatih KMD 2012.

Upacara penutupan dimulai pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh kepala Pusdiklatcab dan ditengah tengah upacara diumumkanlah peserta teladan Khursus Pramuka Pembina Mahir Tingkat Dasar tahun 2012 yaitu :

Peserta Putra:

  • Agung Mashudi
  • Ahmad Nida
  • Iqbal Faturachman

Peserta Putri:

  • Asih Rahayu
  • Filah Kholifah
  • Erniyanti Nur Fatahhela Dewi

Acara dilanjutkan dengan Penutupan resmi oleh Ka.Pusdiklatcab dan jabat tangan antar pelatih dan peserta, acara jabat tangan ini sangat menghirukan karena sudah lima hari bersama pelatih dan kini berpisah.

Harapan dengan diadakannya kegiatan KMD ini supaya Darunnajah Cipining Bogor dapat mencetak pembina pramuka yang intelek dan berguna bagi Agama dan Bangsa. (Wardan/AddNine)

Share: