Membangun generasi Qur’ani memiliki nilai yang sangat fundamental. Hal ini dapat dimulai dari anak-anak usia dini. Memperkenalkan Al-Qur’an sedari anak-anak masih berusia dini akan sangat membekas dan membentuk diri serta pribadi sang anak. Karena bagaimanapun, pribadi Al-Qur’an memberikan ciri seorang muslim yang dipuji oleh Allah sebagai ummat yang terbaik.

Wisuda Ke-2 TPA/TPQ Darunnajah Cipining

Melihat begitu urgennya ruh Al-Qur’an sebagai tuntunan hidup, diperlukan upaya menyenangi dengan memahami Al-Qur’an itu sendiri. Sebagai lembaga pendidikan pengajaran Al-Qur’an peran itulah yang menjadi tendensi diselenggarakan Taman Pendidikan Al-Qur’an atau popular disebut TPA dan TPQ.

Hadirnya TPA/TPQ di pesantren beberapa tahun terakhir ini juga menjadi angin baik bagi semua pihak, meskipun pada awalnya TPA/TPQ didedikasikan untuk para anak-anak guru yang bermukim di pesantren—lembaga pendidikan Al-Qur’an pesantren sebenarnya sudah ada yaitu dikonsentrasikan di Madrasah Diniyyah—lalu ternyata lembaga ini dilirik dan diminati oleh masyarakat secara luas.

Respon yang baik dari semua pihak tersebut memberkahi TPA hingga saat ini TPA telah berjalan semakin lancar. Salah satu indikasinya, pada hari Ahad (13/5) kemarin wisuda santri TPA/TPQ kembali dilaksanakan untuk kedua kalinya.

Wisuda ini meluluskan 10 wisudawan yang ditandai dengan pengalungan piagam oleh Kepala MI, Ustadz Nurfathoni, SHI dan pemberian sertifikat oleh Kepala TPA, Ustadzah Sri Purwati, SPdI. Selain acara wisuda, pada kesempatan itu pula dilakukan pembagian raport bagi seluruh santri TPA/TPQ.

Masih dalam waktu yang sama, untuk menyemarakkan kegiatan tersebut para santri menyuguhkan berbagai macam penampilan kepada seluruh orang tua santri dan undangan. Penampilan tersebut di antaranya adalah hapalan surat-surat pendek, hapalan do’a harian, praktik sholat, dll. Menyaksikan penampilan-penampilan tersebut, kebanggaan terbersit di hati para orang tua, semoga kelak putra-putrinya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Amin. (red-Wardan)

Share: